Jumat, 05 Juni 2020

Memahami al-Qur'an

Pengertian Al-Qur’an
Para ulama dalam bidang ilmu al-Qur’an telah mendefinisikan al-Qur’an, menurut pemahaman mereka masing-masing, baik secara etimologi maupun terminologi.
Secara etimologi para ulama berbeda pendapat dalam mendefinisikan alQur’an. Berikut adalah beberapa pendapat tersebut.

a. Menurut al-Lihyany (w. 215 H) dan segolongan ulama lain

Kata Qur’an adalah bentuk masdar dari kata kerja (fi’il), قَرََأ artinya membaca, dengan perubahan bentuk kata/tasrif ( قَرَأَ - يَقْرَأُ - قُرْءَانًا ) Dari tasrif tersebut, kata  قُرْءَانًا artinya bacaan yang bermakna isim maf’ul ( مَقْرُوْءٌ ) artinya yang dibaca. Karena al-Qur’an itu dibaca maka dinamailah al-Qur’an. Kata tersebut selanjutnya digunakan untuk kitab suci yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. Pendapat ini berdasarkan firman Allah Swt. sebagaimana yang termaksud dalam QS. al-Qiyamah ayat 17-18.
“Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.” (QS. Al-Qiyamah [75]: 17-18)

b. Menurut Al-Asy’ari (w. 324 H) dan beberapa golongan lain

Kata Qur’an berasal dari lafaz قَرَنَ yang berarti menggabungkan sesuatu dengan yang lain. Kemudian kata tersebut dijadikan sebagai nama Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi-Nya, mengingat bahwa surat-suratnya, ayat-ayatnya dan huruf-hurufnya beriring-iringan dan yang satu digabungkan kepada yang lain.

c. Menurut Al-Farra’ (w. 207 H)

Kata al-Qur’an berasal dari lafad قَرَائِنٌ merupakan bentuk jama’ dari kata yang berarti petunjuk atau indikator, mengingat bahwa ayat-ayat al-Qur’an satu sama lain saling membenarkan. Dan kemudian dijadikan nama bagi Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

1 komentar:

  1. On both wheels, the pink and black numbers alternate around the wheel, although should you eliminated the zeroes, the American wheel would have consecutive reds and blacks. The wheels are additionally structured in order that the low numbers (1-18) and 카지노 the excessive numbers (19-36) should alternate as a lot as potential. This is essential because it doubles the advantage for the casino. On a European wheel you'd expect to lose, in the long run|the lengthy term}, 2.7% of any cash you wager with. Like a dartboard, the structure of a roulette wheel did not come about by chance. Bar Games 101 is an internet site|a net site} dedicated to helping you learn about the most effective video games to play with your mates.

    BalasHapus

Contoh Dokumen 1 Kurikulum Tinngkat Satuan Pendidikan (KTSP)

https://drive.google.com/file/d/19cwL-D6AMJ_dCifTGZNCGoE-7sFpcbyK/view?usp=drivesdk