Senin, 18 Mei 2020

Tanggung Jawab Terhadap Keluarga

Mata Pelajaran : al-Qur'an Hadis
Kelas : XI
KD.    : 3.1
A. Kompetensi Inti (KI) 

KI-1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, rensponsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat. 
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis. 
3.1 Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis. 
4.1 Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis. 

C. Indikator Pembelajaran 
D.Tujuan Pembelajaran

1.      Membaca QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.      Menyebutkan makna mufradat QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

3.      Menjelaskan kandungan QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

4.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat

Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan:

1.      Peserta didik dapat membaca QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.      Peserta didik dapat menyebutkan makna mufradat QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan kandungan QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

4.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat

 


E. Materi Pokok Pembelajaran

1.      Memahami QS. at-Tahriim [66]: 6 tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.      Memahami QS. Thaahaa [20]: 132 tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

3.      Memahami QS. al-An’aam [6]: 70 tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

4.      Memahami QS. an-Nisaa’[4]: 36 tentang tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

5.      Memahami Huud [11] : 117-119 tentang tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

6.      Memahami hadis riwayat Imam al-Bukhari dari Abdullah bin Umar tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْإِمَامُ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ فِي أَهْلِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا وَالْخَادِمُ فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ (رواه البخاري)
F. Mari Renungkan
    Setiap manusia harus memiliki rasa tanggung jawab, rasa tanggung jawab itu harus disesuaikan dengan apa yang telah dilakukan. Arti dari tanggung jawab menurut kamus bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban memikul, menanggung segala sesuatunya, dan menanggung segala akibatnya. 
    Makna tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian hidup dari manusia bahwa setiap manusia dibebani dengan tangung jawab. 
    Apabila dikaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus dipikul sebagai akibat dari perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya.
 
G. MENGAMATI 
Amatilah kutipan berita atau peristiwa berikut, lalu tulislah pesan-pesan moral atau komentar kritis yang mengarah kepada “Betapa Besarnya Tanggung Jawabku Terhadap Keluarga dan Masyarakat” ! 
1. Dalam al-Qur’an disebutkan bahwa proil keluarga teladan adalah keluarga Imran. Inilah satu-satunya keluarga yang dijadikan sebagai nama surat, yakni Ali Imran. Imran selalu mengingatkan keluarganya untuk tidak menyekutukan Allah, untuk memiliki keberanian dalam kebenaran dan kebaikan, tabah dalam musibah, tidak sombong, menunaikan shalat, puasa, zakat dan sebagainya. Keberhasilan Imran dalam mendidik keluarganya adalah kehebatan keturunanketurunannya, seperti Maryam.   
Komentar :
.....................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................... 
2. Tabrakan beruntun di Tol Jagorawi pada Ahad (8/9) dini hari dinilai bukan hanya kesalahan anak, akan tetapi kesalahan orang tua. Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Muhammad Nasser menjelaskan, polisi harus dapat menganalisa sejauh mana letak tanggung jawab orang tua.
Sumber: http://www.republika.co.id 
Komentar :
.....................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................

0 komentar:

Posting Komentar

Contoh Dokumen 1 Kurikulum Tinngkat Satuan Pendidikan (KTSP)

https://drive.google.com/file/d/19cwL-D6AMJ_dCifTGZNCGoE-7sFpcbyK/view?usp=drivesdk